Friday, April 2, 2010

Cara Memasang Shoutbox

Mondarmandironline | Kali ini ingin menulis tentang Shoutbox, Apa fungsinya dan bagaimana cara membuatnya, mari kita mulai !

Shoutbox apa itu?

Shoutbox dengan tampilan seperti ini, adalah sebuah tool atau widget yang dipasang di suatu blog, dengan maksud agar pengunjung bisa berkomunikasi dengan si pembuat blog.



Sebenarnya ada juga cara lain agar pengunjung bisa berinteraksi dengan si pembuat blog, mengirim pesan, bertukar link, atau mengajukan pertanyaan biasanya disebut sebagai post comment, namun ada perbedaan. Kalau post comment, akan terlihat pada saat postingan terbuka lengkap. Karena post comment hanya berlaku untuk satu postingan, sedangkan Shoutbox, akan terlihat meskipun postingan tidak terbuka secara lengkap.

Dari mana mendapatkan tool atau widget shoutbox?

Ada banyak situs yang menawarkan tool seperti ini, ada yang gratis ada juga yang berbayar. Kali ini kita coba menggunakan situs www.shoutmix.com yang tampilannya seperti ini :



Bagaimana memasang shoutbox, ke dalam blog kita?

1. Dari menu tampilan situs www.shoutmix.com klik button Create Shoutbox lalu isikan data di form yang tersedia.



2. www.Shoutmix.com akan mengirimkan email ke alamat email kita yang berisi Shoutbox ID dan Password kita. Login dengan ID & password tersebut di situs www.Shoutmix.com







3. Setelah kita login akan tampil seperti dibawah ini, area yang saya tandai dengan garis hijau adalah contoh tampilan shoutbox kita, tampilan ini bisa dimodifikasi dengan memilih tab display.



4. Kemudian kita klik button Get codes, akan muncul tampilan seperti berikut



5. Terakhir copy-paste kan kode yang ditandai dengan warna biru ke blog anda. Kini blog anda sudah mempunyai shoutbox. Gampang Bukan ?


Ayo coba ! Semangat !

No comments:

Post a Comment